Kenapa Pesawat Harus Transit ?

Bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan perjalanan naik pesawat ke belahan bumi lain, pasti juga sudah pernah atau bahkan terbiasa dengan yang namanya transit.

Transit adalah perhentian sementara untuk berganti pesawat (atau melanjutkan pesawat yang sama, tapi dengan mayoritas penumpang yang berbeda) untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Begitupun jika kita akan melaksanakan perjalanan umroh ke tanah suci. Alasan transit umumnya  karena pesawat harus mengisi bahan bakar atau karena harus ganti pesawat.  Namun ada juga adanya aturan yang mengharuskan maskapai dari asal suatu negara, menginapkan para penumpangnya di negara tersebut. Namun sifatnya tentatif, tergantung akad kerjasama antara pihak maskapai dan travel biro perjalanan.

                       Hasil gambar untuk transit jamaah umroh   

Waktu transit pun bervariasi, namun untuk perjalanan umroh  biasanya memakan  waktu 2 – 6 jam, lebih dari itu jamaah akan diinapkan di negara saat transit.
Maskapai yang langsung landing di Jeddah atau Madinah biasanya pesawat Lion Air dan Garuda. Sedangkan maskapai yang melakukan transit, yaitu :
-          Air Asia transit di Kuala Lumpur
-          Ettihad transit di Abu Dhabi
-          Emirates transit di Dubai
-          Scoot/SQ transit di Singapura
-          Royal Brunai transit di Bandar Sri Begawan
-          Mihin Lanka transit di Srilangka

                                      
       Hasil gambar untuk transit jamaah umroh   Hasil gambar untuk transit jamaah umroh